Penjelasan Penyeragam Daya PLN 4400

Lagi ramai pemberitaan perihal rencana PLN untuk penghapusan daya dibawah 4400. Asumsi saya (dan mayoritas orang yang gak tahu plus haters Jokowi) berasumsi bahwa daya listrik nantinya hanya 4400 keatas. Daya 450, 900, 1300 dan 2200 akan lenyap. Berikut penjelasan junior saya yang bekerja di PLN Sulawesi. Saya copas komentarnya dari status kawan yg tidak paham seperti saya:

Beda pak tarif sama daya itu, kalau tarif itu harga perkwh,daya itu batasan pemakaian,saat ini daya 1300 sd 5500 harga rp/kwh nya sama yaitu Rp 1467,28/kwh artinya daya 1300 sd 5500 harga listriknya sama,pemerintah dan Pln ingin menyederhanakan tarif,daya1300,2200,3500 dihapus dijadikan daya 4400

Misal saat ini rumah daya 1300 biasa bayar/beli pulsa sebulan 300rb,setelah nanti dijadikan daya 4400 ya tetap segitu,karena ya memang harga per kwh nya sama

Dua dua nya,daya lama sama daya baru/4400 kan harga per kwh nya memang sama,ini masih tahap rencana,trs daya 450 dan daya 900 subsidi tidak diubah, tidak seperti kabar yg beredar saat ini

Belum ada ketetapan dan belum ada petunjuk teknis,sekali lagi ini masih rencana,lebih bagus menunggu sampai pasti,jangan berasumsi,terlebih lagi berasumsi yg negatif

Moral cerita: Asumsi itu selera, selera itu beda tiap isi kepala manusia. Paham?

Dosa PLN

Dosa PLN diucap salah seorang instalatir listrik yang saya kenal baik di Jember. Kalimat itu muncul saat saya ngobrol dengan dia perihal tagihan sebuah sekolah tinggi yang mencapai 30 juta perbulan. Bisa dapet Volvo 850 tuh :D. Sang instalatir mengatakan bahwa angka 30 juta itu bisa diminalisir hingga tertagih 10 juta. Lah gimana cara? Dari percakapan sinilah muncul cerita tentang dosa PLN.

Lah piye mas carane ngurangi tagihan?
Wooh gampang, aku bikin saluran baru sebelum masuk ke meteran PLN.

Kalo misal ada pemeriksaan, piye?
Ada triknya laaah, kabel itu aku pasang mepet dengan […lupa namanya…] – setelah  itu aku pendem atau di semen ulang dengan tembok dekat meteran PLN itu. Selepas dari alat […lupa namanya…] itu, aku pasang saklar tambahan yang diletakkan di tempat nyempil.

Kalo pemeriksaan hingga bongkar total yak apa?
Sepanjang sejarah aku masang instalasi listrik, PLN hanya sekali memeriksa pelanggan yang dicurigai dan gak sampe bongkar total kok. Biar kata pake voltmeter gelang yang cenggih sekalipun, ndak bakal ketahuan. Aku kasih tahu ama yang punya rumah, kalo ada orang PLN meriksa, saklar tambahan itu dimatikan. Jadi arus lebih dan tegangan tambahan ndak bakal terdeteksi.

Terus pernah ada kejadian kebakaran gitu?
Ndak ada tuh. Intinya kalo mau ngakali meteran listrik itu ada pada kabel.  Harus pake kabel engkel yg murni. Soale sekarang banyak orang ndak tahu kalo di pasaran ada dua jenis kabel engkel. Kabel engkel murni dan kawe buatan Cina. Kalo kabel engkel murni, mau dipakai sampe beban watt berapapun ndak jadi soal. Lain cerita kalo pake kabel engkel kawe buatan Cina yang ukuran diameternya aja setengah dari ukuran kabel engkel murni. Dikasih beban AC ½  peka aja wes gosong, belum kulkas, mejik jer dll.

Woo, jadi sefti fris yo mas?
Wajib itu. Aku Sering nolak kalo ada orang minta diakalin tegangan listriknya, aku suruh beli kabel engkel murni, eh beli yang kawe. Biar kata dia maksa biar dipasang dengan tambahan ongkos pasang, aku emoh.

Pelanggan’e sampeyan sampe mana aja?
Mulai Surabaya, Jember, Kediri, Madiun, sampe Jogja. Asal kamu tahu aja, kalo di wilayah xxxxxxx (sensor) di Surabaya itu 100% warganya pake aliran akal-akalan aku yang buat.

Haaaah? wilayah xxxxx sak geden-geden itu sampeyan kabeh sing masang?
Selain itu, tiap rumah di sana xxxxxx (sensor) pasti punya AC, minim mereka pasang 3 AC. Malah ada yang tegangan 1300VA berisi 15 AC.

Jaxxxk. Kek gitu ndak konangan kalo petugas PLN masuk rumah sambil liat jumlah AC?
Ndak, soale AC itu aku pasang portabel. Malah aku buat lemari buatan buat nutupin AC itu. Jadi yang keitung dari 15 AC ya cuman 3 AC kalo ada petugas PLN yang meriksa sampe masuk rumah..

Ndak takut dosa mas?
Woooo, kamu ngomong dosa,  dosa PLN itu jauuuuuuuuuuuh lebih besar dibanding dengan dosa yang aku lakukan ngakalin tegangan ini. Coba kamu pikir, kalo ada pemadaman listrik yang menyebabkan bisnis berhenti, atau rumah sakit yang lagi ada operasi terus alat-alat yang bikin kecelakaan hingga kematian apa ndak lebih dosa??

*manggut-manggut*

gambar : paistoopid