Maksimalkan Peluang

Jpeg

Sesi Angki bertanya dan Don Hasman menjawab by Eddy Fahmi (@efahmi)

Pada hari Sabtu 21 Maret 2015 pagi, sahabat karib kita-kita semua mas paman Efahmi menghubungi saya, bahwa ada acara seminar dan pameran foto oleh komunitas Matanesia dengan tema “Warna-Warni Nusantara” di pasar modern wilayah Surabaya Selatan sono. Pada awalnya saya biasa saja ketika tahu bahwa ada acara pameran foto, lalu sepertinya (calon) anak saya dan ibunya pengen jalan-jalan, yasud saya agendakan untuk datang kesana. Ketika saya tanya, siapa pembicara seminar hari ini, rupanya pembicara pertama adalah Ray Bahtiar dengan tema Fotografi Komersial dan Budaya.

Saya tahu Ray Bahtiar, ketika profesi saya masih jadi tukang foto keliling. Dia adalah pengasuh rubrik di majalah “CHIPs Foto – Video”. Entah saat ini, dia masih jadi pengasuh majalah tersebut atau sudah pindah tempat kerja.

Lalu mas Paman Fahmi manambahkan, pembicara seminar kedua adalah Don Hasman.

Wait

What?

Don Hasman?

Iyeee Don Hasman.

Tanpa kompromi, saya langsung semangat rongewulimolas untuk wajib kudu datang. Secara, Don Hasman getoooo…

Sejak kenal dunia jeprat-jepret, para tukang foto keliling amatir dan fotografer profesional selalu bercerita tentang Don Hasman. Sedikit-sedikit Don Hasman, Don Hasman kok sedikit-sedikit. Bahkan rekan setim tukang foto saya pernah kerja bareng ama Oom Don. Yang paling diingat oleh rekan saya itu “Napasnya panjang beneerrr”.

Saya pernah baca artikel perjalanan Don Hasman, ketika dia napak tilas dalam acara tahunan (maaf saya lupa) untuk masyarakat Katholik dari Prancis sampai Spanyol yang menempuh jarak 1000 km dengan jalan kaki. Iya J.A.L.A.N K.A.K.I (((JALAN KAKI)))

Akhirnya pada acara seminar itu, Oom Don cerita panjang kali lebar kali tinggi tentang fotografi Indonesia dan luar negeri. Bahkan ada proyek fotografi dari rekan Oom Don yang rencana akan jadi buku masih belum selesai. Dan AAT (asal Anda tahu – FYI) proyek itu sudah dimulai sejak tahun 197x (entah benar atau kurang tepat) masih belum kelar sampai tahun 2015 ini. Dan tentu saja acara napak tilas Prancis sampai Spanyol dibahas di seminar ini.

Hingga ketika seminar sudah akan usai, namun napas oom Don Hasman untuk berbagi seakan tak mau selesai. Akhirnya slide demi slide presentasi perjalanan karir fotografi petualangan oom Don Hasman dipercepat. Padahal ketika acara mau usai, slide presentasinya masih 1/5 dari total presentasinya. Belum lagi panitianya kalang kabut, jadi gak nyaman mendengarkan presentasi oom Don Hasman.

Sesi acara yang saya tunggu-tunggu akhirnya tiba

Makan-makan Ki?

Hushh bukan keleus, sesi tanya jawab.

Begitu MC bertanya adakah pertanyaan untuk Oom Don, langsung saja saya angkat kaki eh tunjuk tangan paling tinggi. Akhirnya ditunjuklah saya. Agak kagok juga ketika MC memberikan mikofon kepada saya, sambil berpikir. “Busyet tanya apaaan nih”

Berikut pertanyaan saya :

Gini Oom Don, saya pernah baca artikel tentang perjalanan napak tilas oom Don dari Prancis ke Spanyol itu, dan saya punya dua pertanyaan nih Oom

  1. Pada waktu perjalanan Oom Don dari Prancis ke Spanyol itu, apakah ada peserta dari Indonesia selain oom Don?
  2. Apakah selama perjalanan tersebut oom Don bertemu dengan hal-hal mistis gitu oom? Kan kalo di Indonesia ada gondoruwo, tuyul dan sebangsanya gitu oom. Kali aja ketemu drakula di sana:mrgreen:

Dan jawabannya sungguh mempesona, gile lu ndroo.

Akhirnya acara seminar dan pameran foto itu usai dengan acara foto bareng ama pembicara Oom Don Hasman. Saya sengaja tidak ikut acara foto bareng, karena sesi tanya jawab antara saya dan Don Hasman lebih berkesan daripada foto bareng. Nah ketika saya tanya-jawab kan sudah difotoin ama mas Paman Fahmi😉

Moral cerita : Ketika peluang (datang ke seminar) dan usaha (tunjuk jari untuk bertanya) bertemu -kata motivator kondang- itu yang dinamakan SUKSES. Jadi Maksimalkan Peluang dengan usaha yang semangat. Karena menyia-nyiakan peluang, akan datang penyesalan.

halah ea ea ea

One thought on “Maksimalkan Peluang

thank you for comment ;)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s