Makna Bahagia

pursuit of happines (538x800)

Beberapa waktu yang lalu iPulg, berkicau tentang film “The Pursuit of Happyness” yang membuatnya menangis (begitupun saya). Film itu adalah film kedua yang berhasil membuat mata saya berkaca-kaca setelah The Lion King:mrgreen:

Pertanyaan dasar dari film “The Pursuit of Happyness” adalah apa sih makna bahagia?

Banyak beberapa rekan, teman atau orang lain menakar kebahagiaan dari materi. Sehingga terciptalah semacam stereotip orang bahagia adalah orang dengan kekayaan sekian, rumah demikian, kendaraan berjajar. Dan saya pun silau dengan beberapa rekan yang seusia saya atau bahkan lebih muda yang memiliki kekayaan berlimpah entah hasil jerih payah mereka atau warisan.

Di ranah lini masa, sering saya jumpai tagar atau kicauan berbunyi “bahagia itu sederhana”. Saya suka membaca beberapa kicauan tersebut. Bahagia memiliki ukuran personal alias relatif dan berbeda-beda di tiap orang.
Misalnya menemukan duit 10ribu dalam saku celana ketika tanggal tua,
Pedagang makanan belum lewat, namun ada camilan di laci kerjanya.
Melihat senyuman dosen yang “killer” adalah bahagia.
dan masih banyak lagi contoh bahagia itu sederhana di linimasa twitter.

Setelah saya amati dan rasakan, inti dari bahagia itu adalah bersyukur. Ya dengan bersyukur saya merasakan kebahagiaan.

Saya bersyukur dan saya bahagia bahwa tadi pagi bisa sarapan, saya bersyukur bila dibanding dengan orang yang entah akan makan apa hari ini.
Saya bersyukur dan saya bahagia bahwa saya memiliki pekerjaan dibandingkan dengan orang yang tidak memiliki pekerjaan dan tidak memiliki penghasilan.
Saya bersyukur dan saya bahagia bahwa saya bisa mengoperasikan komputer dibandingkan dengan orang yang belum paham penggunaan tetikus dan papan ketik komputer.
Saya bersyukur dan saya bahagia mendengar suara mama via telepon dalam keadaan sehat walafiat, dibandingkan dalam keadaan sakit.
Saya bersyukur dan saya bahagia segera menikah bulan Juni 2013 besok bersama Okky dibandingkan dengan orang yang masih akan berencana menikah entah kapan dengan siapa.

Moral Cerita : Sudahkah Anda bersyukur hari ini?

thank you for comment ;)

