Ramadhan Telah Usai


Ramadhan 1433 H yang permulaanya beda penetapan 1 Ramadhan alias awal berpuasa telah usai. Ramadhan kali ini sungguh berbeda dibandingkan dengan Ramadhan-Ramadhan sebelumnya. Untuk pertama kalinya seumur hidup, saya baru melaksanakan i’tikaf bahkan hingga dua kali. Doa yang saya utarakan masih berhubungan dengan rejeki dan jodoh.

Di i’tikaf yang kedua saya merasakan hal yang berbeda dibanding i’tikaf yang pertama. Ketika Imam masjid berdoa:

……Ya Allah, berikanlah hamba umur hingga bertemu dengan Ramadhan berikutnya ……..

Seketika air mata saya berlinang dengan deras dan langsung teringat mama saya. Setiap doa yang saya utarakan kepada Tuhan, saya hanya meminta kepada Tuhan agar mama saya diberi kesehatan hingga saya menikah. Kalaupun takdir berkata lain, ijinkanlah mama saya bisa mengenal calon menantunya yang akan mendampingi saya kelak.

Usia mama saya sudah menginjak 65 tahun dan itu adalah usia yang sangat rawan. Semakin rawan sesuai Idul Fitri menuju Idul Adha. Saya kehilangan bapak dan nenek yang tutup usia dalam rentang waktu Idul Fitri hingga Idul Adha tersebut dalam 4 tahun lalu secara beruntun. Jika mengingat saat kehilangan bapak dan nenek saya, ada perasaan lega yang saya rasakan di benak beliau berdua. Bapak saya meninggal pada tahun 2008 ketika saya sudah diwisuda bahkan sudah bekerja sebelum diwisuda. Lalu disusul nenek saya di tahun berikutnya. Menurut saya, kepergian beliau berdua sudah diatur Tuhan ketika putra dan cucu terakhir kebanggaan ini telah usai mengemban kewajiban menuntut ilmu dan sudah bisa mencari nafkah.

Tinggal mama seorang di Jember.

Semoga doa-doa yang saya utarakan dikabulkan Tuhan dan alam semesta berpartisipasi mendukung doa-doa saya tersebut. Diimbangi juga dengan usaha mendapatkan pendamping. Entah pendamping saya nanti berasal dari jauh atau dekat, lebih muda atau lebih tua, karyawan atau pemilik usaha. Entah.

Dan Ramadhan kali ini, saya melaksanakan malam takbiran di jalan. Saya mudik ke Jember H-1 alias pada tanggal 18 Agustus 2012. Saya tidak tahu apakah besok Idul Fitri atau masih tanggal 20 Agustus seperti tahun lalu.

Dan saya juga mengucapkan Selamat Idul Fitri 1433 H, Mohon Maaf Lahir dan Batin atas segala tulisan saya yang mengusik perasaan Anda dengan sengaja dan/atau kebetulan. Toh jika Anda tidak suka dengan blog saya ini dan blog sebelah, Anda bisa berhenti berlangganan atau berhenti mengikuti blog saya ini.


from my mozArt

4 thoughts on “Ramadhan Telah Usai

thank you for comment ;)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s