Hari Ini

Hari ini adalah 10 Nopember 2011, berdasarkan catatan sejarah Indonesia, hari ini di Surabaya ditahbiskan sebagai Hari Pahlawan. Padahal berdasar diorama di Museum Tugu Pahlawan, peperangan melawan Belanda dan peristiwa perobekan bendera di Surabaya itu terjadi pada 19 September 1945 BUKAN pada 10 Nopember 1945. Peperangan yang terjadi pada 10 Nopember 1945 adalah peperangan melawan pasukan Kimpet eh Kenpetai (Polisi Militer Jepang) Untuk lebih jelas tentang hari pahlawan dan selebihnya, sila klik East Java Traveler. [cmiiw – thx]

Hari ini beberapa tahun lalu, abad lampau, menurut Wikipedia Indonesia, terjadi beberapa peristiwa. Tercatat dalam wikipedia itu beberapa peristiwa sejak tahun 1293 hingga 2011 silih berganti hingga menjadi sejarah dan cerita di dunia dan Indonesia. Secara gamblang peristiwa yang tercatat di dunia dan Indonesia adalah peristiwa yang terjadi pada subyek dan obyek secara masif dan tersebar cepat. Yang saya maksud subyek adalah orang dan obyek adalah peristiwa. Untuk frekuensi berupa masif dan tersebat cepat merupakan citra dari dari subyek dan obyek yang dimaksud. Jika subyek adalah orang kondang baik dari kalangan seniman (baca : artis) atau orang pemerintahan, kegiatan (baik penting atau percuma) yang dilaksanakan pada tanggal berapapun akan ditulis oleh media. Untuk obyek atau peristiwa, dilaksanakan oleh komunal orang yang sepaham, sealiran, senasib sepenanggungan.

Hari ini merupakan tepat sembilan bulan saya bekerja di pabrik susu PT. Susu Sehat Alami sebagai humas. Ilmu yang saya dapat di kantor ini berbeda jauh dibandingkan waktu saya bekerja di pemkot Surabaya. Ilmu yang saya dapat di pabrik susu ini, bisa saya kembangkan untuk berwiraswasta makanan dan minuman. Ditambah tawaran menarik dari Eddy Fahmi untuk membangun resto mungil di Sidoarjo. Detail nanti dulu yes, pamali kata orang Sunda. Kemudian juga  terbesit untuk hengkang dari kantor ini dengan kurang dari sepuluh alasan yang jadi pertimbangan untuk keluar. Bukankah bayi yang lahir dari rahim seorang ibu adalah selama sembilan bulan?

Hari ini adalah hari Rabu hari lahir pak Kemis pedagang pasar Minggu yang menjadi satpam pada hari Selasa di stasiun Pasar Senen. Menjadi khotib pada hari Jumat di masjid dekat rumah tinggalnya yang bersebelahan dengan pasar Sabtu, untuk berakhir pekan bersama keluarga tercinta (teringat lagu gending Jawa, lupa judul).

Hari ini, setahun yang lalu saya masih menjadi pengangguran terselubung, bloger abal-abal, desainer grafis gagal, programer galat dan segala hal yang tabu dan kurang patut untuk diperbincangkan (bayangkan anda sedang nonton acara silet).

Hari ini saya harus memperpanjang KTP, SIM serta STNK motor sekaligus. Duit langsung hangus dengan masa berlaku hingga 20 hari lagi. Itu artinya, saya harus pandai mengelola gaji khusus bulan ini untuk keperluan korps Bhayangkari itu. Sekedar info saja, jika terlambat sehari akan memakan waktu berhari-hari dan berbelit jika berurusan dengan korps pimpinan Timur Pradopo itu.

Banyak peristiwa yang terjadi pada hari ini beberapa tahun, windu, dasawarsa hingga abad lampau yang tercatat dalam sejarah atau menjadi legenda yang tersiar turun temurun. Blog wordpress saya ini pertama terbit pada Januari 2008. Itu berarti sudah tiga tahun saya mengisi blog pencitraan ini. Atau lebih tepatnya dua tahun efektif terisi, karena sejak Juni 2009 hingga April 2010 saya vakum menulis dan itu setahun cyyyyn😆

Suka atau tidak, sepulang acara Blogger Nusantara itu, aura menulis saya kembali menyala berpendar. Saya teringat ucapan Vicky Laurentina yang mengatakan bahwa menulis melatih otak kanan untuk terus aktif agar terus berpikir kreatif. Pantas saja setahun lalu saya serasa hidup di jaman batu walau sekitar penuh ilmu dan saya berulangtahun hari ini.

4 thoughts on “Hari Ini

  1. dan ini belum ada yang komen…????
    haddeh, apa pada gak kasian sama yg ultah ?
    udah capek2 nulis gak ada yg komen dan kasih selamat..?
    TERLALUH..!!!

    eh..selamat ultah yaa..
    aku baek kan, jalan2 ke sini ngucapin ultah ?
    kan..? kan..?

thank you for comment ;)

