Evolusi Blog

Dua tahun terakhir terjadi evolusi blog yang luarbiasa cepat. Banyak hal yang saya lewatkan selama dua tahun evolusi blog itu. Saya yang dulu seorang bloger, sekarang ragu mengatakan sebagai bloger. Saya memperbaharui blog saja bisa sebulan sekali, dua bulan sekali atau setahun sekali😆

Hingga pada hari bloger nasional (27/10)  yang masuk pada tahun keempat yaitu tahun ini 2011, blog telah berkembang (mungkin lebih tepat meningkat) menjadi tiga bagian. Yang saya maksud dari tiga bagian disini adalah:

  1. Komunitas Blog
    Saat ini, komunitas bloger bukan berdasarkan daerah seperti empat tahun lalu (haduuh angki, betapa jadul dirimu). Bahkan dalam satu kota atau daerah ada lebih dari satu komunitas. Komunitas bloger kini sudah berkembang meningkat ke tingkat sekolah/kampus/mesin blog (dijelaskan di nomor 2). Ada komunitas bloger dari Universitas A, komunitas bloger Sekolah B. Salah satu komunitas bloger yang berasal dari sekolah mengatakan bahwa komunitas itu terbentuk karena tugas dari guru atau pengembangan dari mata pelajaran TIK.
  2. Komunitas Blog: Mesin blog
    Saat ini mesin blog semakin bejibun, terutama mesin blog buatan Indonesia. Blogdetik, dagdigdug, kompasiana merupakan contoh mesin blog yang menyediakan sarana untuk interaksi antar penggunanya hingga memebentuk komunitas berdasarkan daerah. Misalkan komunitas pengguna blogdetik yg menamakan dengan d’blogger yang tersebar di beberapa kota Indonesia. Misal komunitas dblogger asal Jogja, komunitas dblogger asal Kalimantan dan lainnya.
  3. Media Sosial
    Facebook, Twitter, KasKus, mig33, BB-group  merupakan contoh media sosial yang membentuk komunitas berdasarkan daerah. Seringnya interaksi antar pengguna media sosial tersebut, hingga membentuk wilayah untuk mempermudah komunikasi yang berkaitan dengan daerah setempat. Agar mempermudah saling berinteraksi di tiap wilayah misal di Surabaya dinamakan Kopdar Surabaya. Di Semarang dinamakan RoTi Fresh (Return Of Tuker Ilmu Freedom of Sharing) [cmiiw]

Ada juga komunitas yang fokus pada bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi, misalnya di Surabaya ada KLAS (Komunitas Linux Arek Suroboyo), lalu ada MUGI (Microsoft User Grup Indonesia), Firefox Indonesia dll. Mengelompokkan komunitas TIK ini ke dalam komunitas bloger juga rancu.

Ketiga (plus satu) hal itulah yang saya tangkap dari acara Blogger Nusantara 2011 yang dihelat di kota Sidoarjo mulai 28 – 30 Oktober 2011 kemarin. Sebagian komunitas kini saling melebur sehingga membentuk komunitas baru atau membentuk wadah diskusi online atau offline antar komunitas tersebut. Nilai postitif bentukan dari beberapa komunitas itu adalah BERBAGI.

Ya, sifat berbagi antar komunitas tersebut justru saling menguatkan keberadaan komunitas masing-masing. Daripada menjadi komunitas eksklusif yang hanya dikenal orang itu-itu saja, alangkah elok jika saling berbagi antar komunitas tersebut. Dengan demikian bukankah juga akan tercipta peluang bisnis yang lebih besar (baca: relasi bisnis baru)?

Dalam acara Blogger Nusantara tersebut, materi yang benar-benar saya ikuti hanyalah pembagian konsumsi sama goodybag  dan acara penutupan oleh pak Gempur. Materi tuan Takur dari Google (maaf lupa nama) pada hari kedua saya ikuti hanya pembukaan saja (walau ada pemateri kondang Rara79 dan JustSilly). Selebihnya saya hanya bersendagurau, bersilaturahmi, gojek kere jancukan dengan bloger lainnya sambil foto bareng.

Nawaitu saya memang satu: KOPDAR

22 thoughts on “Evolusi Blog

  1. Pingback: Menjadi Nomor Satu « raden mas angki bukaningrat ™

  2. Pingback: Hari Ini « raden mas angki bukaningrat ™

  3. Pingback: Blogger Nusantara 2011 | Komunitas Blogger Jember

  4. efahmi :

    sebenernya pingin ikut, sayange ndak bisa. mesti jaga pameran di jatim expo. huuuh!

    Nyante aja Mi, jikalau Anging Mamiri dapat sponsorship gede, tgl 3 Desember ntik, kita-kita diundang kesono


    Nabila Firdausi :

    waahh pengeen sekali aja ikutan acara gini, belum pernah sih hahaa..
    namanya juga saya blogger kadal (klo lagi mood baru ngeblog) hehehe

    kaosnya bagus yaaa.. :)

    wahahahihihi, situ ngomong blogger kadal, nyindir saya jugak toh yaaaa😆

  5. Dalam acara Blogger Nusantara tersebut, materi yang benar-benar saya ikuti hanyalah pembagian konsumsi sama goodybag dan acara penutupan oleh pak Gempur. Materi tuan Takur dari Google (maaf lupa nama) pada hari kedua saya ikuti hanya pembukaan saja (walau ada pemateri kondang Rara79 dan JustSilly). Selebihnya saya hanya bersendagurau, bersilaturahmi, gojek kere jancukan dengan bloger lainnya sambil foto bareng.<~~~ sama denganku😀 #maluw

thank you for comment ;)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s