Pola Pikir

Ada hal yang terpenting ketika saya memutuskan untuk transmigrasi bedol komputer dari sistem Windows ke sistem operasi komputer berbasis Open Source, yaitu Pola Pikir alias Mindset.

Saya haqul yakin jika motivator sekelas Mario Teguh, Andri Wongso, Tung Desem Waringin dalam presentasinya selalu berkata ubahlah pola pikir Anda sebelum lanjut ke tingkat lebih tinggi (embuh iki bener opo nggak😀) yaitu pola pikir Terbuka.

Ternyata bukan hanya sistem Jendelas saja di dunia ini. Ada Linux (dengan varian distro yang bejibun), ada OS Macintosh yang anggun (bukan anak gunung) serta Unix yang merupakan kakek buyut sistem operasi komputer dari Linux dan Macintosh jugak.

Bersifat terbuka itu membutuhkan waktu lebih banyak untuk belajar menerima sesuatu yang baru. Hal yang baru tersebut tidak serta merta kita telan mentah-mentah,kita harus memiilah-milah mana yang baik dan mana yang buruk. Kenapa? Karena kita Manusia.

Linux yang saya tahu di masa kuliah hanya dua yaitu Open Suse dan Ubuntu. Kedua produk itu saya mencoba live CD pada komputer “perang” saya. Dan namanya saja sesuatu yang baru, tentu saja merasa kagok dan kesulitan tentang perintah-perintah (syntax’) yang digunakan dalam mengoperasikan Linux. Kesulitan bertambah ketika saya menjalankan software yang serupa Jendelas di Linux seperti software untuk mengetik, menghitung dan presentasi serta olah digital foto dan desain grafis vektor. Saya menyerah.

Saya menyerah karena saya “sedikit sekali” meluangkan waktu untuk mencoba hal baru tersebut. Saya tidak “berpikir terbuka” untuk menerima hal baru untuk saya pilah-pilah yang baik. Saya terburu-buru dalam memerintahkan otak untuk segera berhenti menggunakan sistem operasi yang baru. Otak memerintahkan untuk segera kembali ke Jendelas yang sudah “terbiasa”.

Dan Linux rasa Mac atau Mac rasa Linux pun bisa dilakukan :))

Moral Cerita: Merubah pola pikir juga “harus” merubah kebiasaan😉

first photo taken from here

8 thoughts on “Pola Pikir

  1. ah lama gak mampir kesini😀 kemaren abis nyoba linux rasa mac😀 tapi banyak yang gak bisa tak install nubie tol bgt mas😀 :”> malu saya…

thank you for comment ;)

