Band Ramadhan

Bulan Ramadhan tidak disia-siakan oleh umat Islam di seluruh penghuni bumi untuk menimba pahala, kesempatan dan menjemput ridho-Nya. Tidak terkecuali Anak Band.

Untuk ramadhan kali ini, Ungu udah curi start dengan meluncurkan album religiusnya (Aku dan Tuhanku). Dan bisa jadi Radja, ADA band, ST12, Gigi bahkan Tiara Lestari pun akan menyusul mereka.

Kalimat:

Jangan kau lihat siapa yang berbicara, Tapi apa yang dia ucapkan.

Sangat dimaknai dengan baik oleh Ungu dkk (baca: komersial). Untuk sekelas Enda dan Pasha Ungu, menciptakan lirik tahlil dan tahmid menjadi ritme pop nan melodis bukanlah hal yang rumit.

Menciptakan lagu emang mudah bagi sebagian orang apalagi Ungu dkk. Tapi memaknai arti (entah arti lagu, kitab dsb ) yang terkandung dalam kata tidaklah mudah. Untuk urusan cipta mencipta lagu, orang hebat sekelas Melly Goeslaw harus menggandeng Opick menciptakan lagu religi.

Apa yang kurang dari seorang Melly Goeslaw?? Jawaban Melly cukup simpel, “Saya takut salah tulis”.

Menurut Angki, pendapat Melly itu terkait pembawaan lagu religi dalam dunia sehari-sehari. Melly merasa masih belum  “bener” di dunia. Sehingga Melly takut untuk “berdakwah” tentang ke-Tuhan-an disaat dia sendiri berbuat maksiat. Mungkin Melly berprinsip: “Jangan merubah perilaku orang lain sebelum merubah perilaku diri sendiri“.

Bimbo mungkin bisa dijadikan alasan Melly untuk tidak mencipta dan bernyanyi lagu religi. Kehidupan sehari-hari Bimbo bersaudara yang sederhana dan bersahaja membuat mereka mengerti dan dapat memaknai penuh arti lagu religi. Lirik nan suci berpadu dengan denting gitar membuat orang yang mendengarkannya termenung.

Angki jadi teringat ucapan Emha Ainun Najib:

Saat ini Shalawat Nabi dan dzikir tidak laku sebagai potensi industri. Shalawat Nabi dan Dzikir akan laku jika yang mengumandangkan adalah pelawak, artis dan musisi.

Barangkali sekali lagi barangkali lo ini, Gusti Allah saat ini dungo nang artis-artis supaya shalawat and dzikir’e laku. Dadi bukan manusia yang berdoa, tapi Gusti Allah sing dungo.

Acara-acara religi selama bulan Ramadhan di TV, itu merupakan acara DUIT,Emha juga mengatakan andai  yang menjadi pembawa acara televisi religi itu adalah wanita yang kesehariannya berjilbab pasti g’ laku.

Ah Sudahlah

12 thoughts on “Band Ramadhan

  1. hmm setiap orang macem2 dalam memaknai Ramadhan, termasuk para pesohor-pesohor itu kan…

    Oya, yg Melly Goeslaw itu, yg bener OPick yang menggandeng Melly bukan sih? (nanya doang..)

    Mmmm kayaknya Melly yang gandeng Opick, biar bisa nyanyi di albumnya :mrgreen: (itu ngajak bukan??)

  2. yang kutau sih ungu menggaet UJE untuk urusan lirik …

    Ow gitu THX for de info. Tapi aneh kan jika Ungu nyanyi Surgamu, Para Pencarimu dan Nafasmu di Hugo’s, Vertical Six dan tempat jedang-jedung lainnya 👿

  3. bisa dilihat tingkat ketergantungan dan tingkat menghambanya kita ma uang, sampai-sampai urusan dengan Allah aja di komersialkan.

    yg lucu pas acara 4 mata sarah azhari ditanya kapan mau buat album religi? jawabnya Tahun Depan. Gubraaaakkk!!!!! Sarah Azhari boooooooo……..

    Ow My DOG..!!!! ™ Temenan tah mbah, Sarah Azhari??? 😯

thank you for comment ;)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s