Kepribadian Ganda

Kepribadian Ganda merupakan suatu keadaan di mana kepribadian individu terpecah sehingga muncul kepribadian yang lain. Kepribadian itu biasanya merupakan ekspresi dari kepribadian utama yang muncul karena pribadi utama tidak dapat mewujudkan hal yang ingin dilakukannya. [wikipedia]

Contohnya: ada kepribadian yang tau soal peristiwa traumatik itu, dan ada kepribadian yang sama sekali nggak tau. Akhirnya mereka terbiasa saling ngelindungin diri dari masalah dengan gonta ganti kepribadiannya sampe mereka tumbuh gede. Tiap ada masalah baru, berarti ada kepribadian baru juga. Jadi jangan kaget ada penderita yang bisa punya sepuluh (ato lebih) kepribadian yang berbeda-beda! [Tony Thamrien]

Sik seik bentar dulu, kenapa kalo tanggal tua kepribadian Angki g’ karuan, yang bingung ini lah, bingung itu lah. Coba kalo lagi gajian, mmmm semua jenis Nasi Bebek Angki datengi. MAU?

:mrgreen:

32 thoughts on “Kepribadian Ganda

  1. Setuju dengan komentar dari sahabat – Duno. Itu adalah cara yang sebaik2nya. Maklum, saya pernah bermasalah dengan orang yang punya kepribadian ganda. Semoga saja dia sudah berubah…😦

  2. bawa aja ke psikolog. Banyak terapi yang bisa di lakukan
    Psikoanalisis, Cognitiv behavior therapi dsb. tergantung psikolognya

    tapi yang paling penting dari itu semua adalah dukungan keluarga dan lingkungan terdekatnya.

  3. mbak wulan..apakah dia masih bisa diajak bicara… jika masih..ajaklah bicara semampunya. yang jelas, penyembuh segala penyakit itu adalah DIA sendiri. DIA Yang mnciptakan sistem kerja langit dan bumi beserta segala isinya, termasuk sistem kerja terjadinya penyakit.

    untuk ikhtiar, carilah peruqyah (akhli pengobatan kejiwaan dgn metode ruqyah) di kota anda. prinsipnya… jika diagnosa memutuskan bahwa itu adalah kerasukan, maka ruqyah adalah alan paling dekat, karena bacaan2 itu memang secara fisik berpengaruh kuat terhadap keberadaan makhluq yang merasuki. tapi jika diagnosa memutuskan bahwa itu adalah alter ego mungkin akan agak berbeda perlakuannya. harus meminta berlapis2 pribadi itu satu persatu merelakan. datanglah ke psikolog, atau datanglah ke psikolog sekaligus peruqyah…

    semoga membantu, dan semoga ALLAH mendatangkan kesembuhan kepada saudara mbak wulan

  4. tolong bantu saya….saya punya sodara yang percis mengidap kepribadian ganda ini….dia kalo lagi baik..baiknya minta ampun tapi kalo lagi galak,,galaknya minta ampun, malahan dia berani memukul dengan alasan tidak jelas……dan kadang pikirannya tidak masuk akal bila ngobrol…aku ingin bertanya apakah penyakit ini bisa sembuh atau tidak….?

  5. Boss Angki..
    saya tidak sengaja beberapa kali mengurusi beberapa orang mengalami keluhan alter ego seperti di atas. bahkan sampai ada yang sangat dekat . jadi kebetulan saja, dan saya bisa sharing ttg penanganan orang yang berkeluhan seperti itu.

    h iya sedikit menambah… kasus alter ego..sangat dekat kasusnya dengan orang karasukan… tapi kapan2 saja ngebahasnya…nih udah waktunya buka puasa. daaah

  6. mas eboy..
    saya memahami kondisi mas… kalau boleh saya nebak, semoga nggak salah, mas cenderung berbadan kurus yah, hehe kalau salah ya maaf.

    jika masing2 pribadi menggunakan masing2 sesion iu bersamaan, maka akan lebh terlihat cerdas, karena memang di fikirkan oleh beberapa pribadi.

    di masing2 pribadi itulah memori disimpan, bukan di otak.. mati, itu adalah status lepasnya pribadi dari jasad yang rusak.

  7. untuk sementara… saya akan bicara ttg kondisi2 yang berkaitan dengan kasus alter ego ini:

    pada bebrapa kejadian dimana masing2 jiwa yang berbagi / brganti pakai terhadap jasad yang satu…. mereka ada yang berusaha berkomunikasi antara satu sama lainnya. (sekali lagi mohon dibayangkan bahwa masing2 jiwa itu berbeda nama, biar gampang), untuk saling mengetahui dan saling mengenal. media yang bisa dipakai adalah tulisan berupa memo atau diary, sehingga seberapapun jumlah jiwa itu, akan tetep konsisten di mata teman atau orang lain. Dengan diary itu, bsa saling mengkoreksi bahkan saling memarahi

    Nah untuk kasus bareng2 memakai jasad yang sama, maka diskusi itu trjadi di ruang renung, ruang bayang atau lamunan. prosesnya persis seperti berfikir biasa. coba anda bayangkan, bertanyalah kepada diri sendiri: “berapakah 3 x 5?”. maka dalam fikiran kita akan ada yang menjawab atau menghitungkan. Dalam kasus kita di atas, diskusi itu bener2 hidup dan realistis, bener2 terjadi antara seseorang dengan seseorang yang lain, bahkan ada pertengkaran, cuman di dalam ruang renungan. Pada saat masing2 tidak kompak, respon terhadap pertanyaan teman dekat, bisa serba berebut untuk menjawab… atau seperti orang linglung, yang kebingungan untuk memilih jawaban yang mana, karena ada debat seru di”sana”. sebaliknya jika “mereka” kompak, sosok jasad pembawa multi pribadi itu akan keliatan sangat cerdas.

    nambah dikit lagi, jangan heran jika selera makanpun juga terjadi perebutan. ada kasus jiwa A seneng pedes, tapi yang merasa mules perutnya adalah jiwa B, dan dia tidak ngerti sebab musabab mulesnya. kasus lainnya: si A merasa lapar dan makan, kebetulan sebelum A masuk, si B juga merasa lapar..tapi keburu tempatnya di”pinjam” si A. Setelah kenyang si A keluar, dan si B masuk…. karena dia sebelumnya inget bahwa masih lapar, dia akan bilang ke teman “mau makan aaaah”… pasti temen2 daratnya akan heran “Kan baru saja makaaan???”..” aaah belum kok??”, seperti orang pikun.. Kesian yah?

    Hallo para temen, saya mbuka kasus baru: “dimanakah memori itu disimpan?”, kalau memori itu di otak… tentunya masing2 akan inget terhadap yang dilakukan masing2 yang lain.. ternyata di kasus “multi jiwa” (alter ego), masing2 jiwa mempunyai catatan memorinya masing2.

    hehe, maf..saya tidak mengerti logika “alam bawah sadar” ..itu karangan apa beneran, gejala itu ada, tetapi itu tidak menjelaskan ttg alam itu sendiri. jadiii..saya tidak begitu yakin dgn “teori” alam bawah sadar.

    wah udah kepanjangan..maaf, itu dulu, nunggu respon lainnya

    kang priadi
    =============
    kangpriadi@gmail.com
    http://www.facebook.com/kangpriadi

  8. sama2…

    pribadi yang seperti itu adalah jiwa … yang memang sudah terCipta sejak Nabi Adam dicipta …. dan masing2 jiwa… akan memasuki setiap jasad yang diperuntukkan untuknya … dan jiwa/pribadi itu akan lepas dari jasad pada saat meninggal ..

    umur jiwa ini sepanjang alam semesta … dalam kasus kepribadian ganda (atau lebih).. beberapa jiwa menempati jasad yang sama … bisa secara bergantian mengendalikan kadang bersama.

    Jika bergantian akan menampilkan jiwa yang plin plan dan tidak konsisten, tapi jika bersamaan dan saling mengenal.. akan saling menjaga tapi bisa juga saling bermusuhan .. dan akan menampilkan jiwa yang serba membingungkan, keputusan yang saling bertolak belakang..jika selaras..akan menjadikan seseorang itu manjdi sangat cerdas ..

    tetapi bagaimanapun.. kepribadian / kejiwaan yang utuh yang paling baik ..harus ada kompromi dari mereka dan memilih salah satu yang menjaga jasad. bagi penyembuh, disarankan bisa meyakinkan bahwa jasad itu akan aman ditangan jiwa yang terpilih… sehingga dia akan tinggalkan tubuh itu dengan ikhlas…

    waLLAHu a’lam.. (bisa bersambung.. hehe)

  9. “pribadi” , itu kata yang berhubungan dengan jiwa yang tanpa dimensi, ….sementara itu saja dulu … sedangkan badan atau tubuh itu adalah kantong, yang terikat dengan dimensi, yang bisa lapar dan hancur … jiwa=software, tubuh=hardware.

    jika ada temen2 yang ber “jiwa” lebih dari satu… anda bisa memilih untuk terus berteman dengan”nya”/”mereka”, dan tentunya bisa juga memakai sendiri tubuh anda itu sendirian. caranya? ntar saja…

    secara hukum, susah menghukum orang seperti itu.. karena dengan menghukum yang satu, yang lain akan merasa teraniaya. jika ada yang merasa “diputuskan dengan pacarnya” oleh dia.. yah itu salah satu resiko ber”jiwa” lebih. untuk cuman pacar…lha kalau “dia” menikah dengan orang lain? dan hamil…padahal anda tidak merasa kenal dgn orang itu….betapa ribetnya. kasus lain..kalau “dia”membunuh orang? betapa sdihnya anda karena itu..

    berapa persen ke”pribadian” anda?

    • bagaimana tentang marahnya kamu?…aku punya sodara yang apabila marah sampaai mukul..tapi kalo lagi baik..solehnya minta ampun…..

  10. Pingback: Split Personality « Agus Santosa's Blog

  11. biasakah diperjelas tentang kepribadian ganda ini, mungkin ciri-cirinya atau detail dari penyebabnya mengapa kepribadian ganda ini bisa terbentuk. terimakasih.

  12. saya menderita penyakit ini mungkin???
    kadang merasa masih pagi…tapi tiba2 udah sore..
    gawatnya lagi “dia” mutusin pacar saya…tapi saya g sadar..jadi sayakehilanganpacar saya karena “dia”..

  13. Stlah q pkir2…q g pnx kpribdian ganda k0′..
    Yg jlas tndanx clo pnx kpribadian ganda tu…
    Dy bkalan gak tw tntang swatu pristiwa..yg tw si2 dy yg laen…n ktika si2 yg 1ny mngambil alih, dy akn pny mm0ri sndri…jd,clo kta orang qt melkukn ssuatu yg mnurt qt, qt g lakukn n qt g ska lkuin t..qt g ingat..tp bnyk yg bilng qt nglakuin t…brart da kpribadian laen d dri qt..kunjungi blog q..
    Komikohibiki2.blogspot.com…
    Crg pnymbuhanx dg cra k psiater…

  14. Hm…
    Klo d pkir2…q t brubh2 ssuai dg k0ndsi lngkungn..bd tman, q bz dha..q jg sk bwt blog2 dg sdt pndang yg brtolak blakng..p q kpribdian ganda?tp, q sh oke2 j..q mrasa nyman bd sift d saat yg bda jg

  15. apa kepribadian ganda dpt di sembuhkan??

    klu boleh jujur……saya merasakan kalau saya memeiliki kepribadian lebih dari 1……..terkadang saya tidak tahu apa yang saya kerjakan untuk beberapa saat………

    tolong bantu saya………………………….

  16. kadang juga cuma di bahas lalu komentarnya di buat mainan. padahal mengalami juga g.. lalu tiba-tiba mengecap “anak aneh”.. dasar orang indonesia.. g pernah tau kata ” ini sahabat gue” tapi adanya “ini pacar gue..” gt kan?! sampai-sampai aku harus lari.. minta DIA untuk menggantikan posisiku di dunia ini..

    Complicated banget ya masalah kamu. Kadang aku juga pengen seperti kamu yang bisa saling “mengganti peran”. Kadang aku juga merasa “tertindas” dengan kondisi sekarang. 😥

  17. kok rasanya nggak ada yang percaya… aku nggak suka!!! aku sudah pernah katakan pada mereka-mereka.. ada seorang lagi di badanku.. g hanya 1 tapi 2-3 orang lagi.. dan semua yang ku rasakan benar-berar seperti nyata.. tapi mereka cuma ngetawain aku… aku nggak perduli!! inilah yang membuatku nggak bisa percaya orang lain lagi selain teman yang selalu bicara di tubuhku ini… aku akan pertahankan DIA

    Ketidak percayaan mereka atas dasar sifat orang Indonesia yang “SEEING IS BELIEVING” selama “mereka-mereka” tidak mengalami (melihat), “mereka-mereka” tidak akan percaya padamu

  18. umumnnya memang para wanita yang paling sering terkena sindrome kepribadian ini..
    * senang mobil pribadi
    * tabungan pribadi
    * rumah pribadi

    Wuakakakak seratus untuk Iman Brotoseno dari regu A (Adam). Bagaimana dari regu C (cewek)? adakah pembelaan?? 😆

  19. lhah… aku punya banyak alter kalo gitu. ki’… kamu kenal yang mana aja? random thoughts, whatever, dandelion, dmbl (dan masih banyak lagi -red)…
    *tanggal tuwir. besok gajian ya ki’?*

    Wah ini yang aku tak tau. Apakah itu bentuk daripada kepribadian ganda. 🙄

  20. eh iya, menambahkan lagi komen dari fahmi… jadi misale aku punya blog jaim yg dikenal banyak orang, sama satu lagi blog gelap yg nggak banyak pembaca. dg gaya nulis dan jiwa blog yg sama sekali beda, apa kira2 bisa disebut kelainan ya? hiii… aku tatut😀

    Seik sik bentar dulu. Neutrino ini temennya Fahmi atau si Fahmi yang berkepribadian ganda?? Secara, avatar kalian senasib sepenanggungan. So??

    Aku juga punya dua blog yang sama dengan deskripsi kamu. So apakah kita juga berkepribadian ganda???:mrgreen:

thank you for comment ;)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s