Main Hati (Andra & The Backbone-2008)

Ngobrol bareng petugas ASKES yang notabene adalah temen Angki gojek kere jancukan semasa SMA dan mengerti kesehatan ternyata menarik.

Obrolan tentang hati dalam arti bahasa Indonesia yang sebenarnya adalah liver, ginjal dkk. Bukan hati yang merupakan terjemahan dari heart [EN]. Heart di situ jantung, tolol.

Hati manusia adalah organ tubuh manusia yang bekerja ekstra keras. Bahkan ketika kita sedang leyeh-leyeh atau tertidur. Hati manusia itu unik. Keunikan itu adalah tentang jadwal hati “patroli”. Mestinya ada istilah untuk patroli tersebut. Berhubung Angki tervonis pikun akut, maka menguaplah istilah untuk patroli ituh.

Jam patroli hati itu adalah jam 21.00-23.00 kemudian jam 23.00-01.00, berlanjut jam 01.00-03.00 bersambung 03.00-05.00. (tanpa WIB-ini adalah waktu universal)

Pada patroli jam 21.00-23.00, adalah pembuangan zat- zat tidak berguna/beracun (de-toxin) bagian sistem antibodi (kelenjar getah bening). Selama durasi waktu ini seharusnya dilalui dengan suasana tenang atau mendengarkan musik. Bila saat itu seorang ibu rumah tangga masih dalam kondisi yang tidak santai seperti misalnya mencuci piring atau mengawasi anak belajar, hal ini dapat berdampak negatif bagi kesehatan.

Patroli jam 23.00 – 01.00 saat proses de-toxin di bagian hati, HARUS berlangsung dalam kondisi TIDUR PULAS

Patroli jam 01.00-03.00, proses de-toxin di bagian empedu, juga berlangsung dalam kondisi tidur.

Patroli jam 03.00-05.00, de-toxin di bagian paru-paru. Sebab itu akan terjadi batuk yang hebat bagi penderita batuk selama durasi waktu ini. Karena proses pembersihan (de-toxin) telah mencapai saluran pernafasan, maka tak perlu minum obat batuk agar supaya tidak merintangi proses pembuangan kotoran.

Setelah jam ini, kata temen Angki ituh, manusia kudu bangun. Kenapa eh kenapa karena eh karena jam 05.00-07.00 manusia HARUS BUANG AIR (entah buar hajat atau buang RAI, karepmuuu).

Lalu kata temen Angki itu, setelah jam 07.00 (sampai jam 09.00) manusia HARUS SARAPAN, kenapa eh kenapa, karena eh karena waktu penyerapan gizi makanan bagi usus kecil, harus makan pagi. Bagi orang yang sakit sebaiknya makan lebih pagi yaitu sebelum pk 6:30.

Temen Angki makin bikin dag dig dug, waktu bercerita tentang tetangganya yang seorang Polisi meninggal pada waktu dinas pagi hari. Usut punya usut, hatinya rusak. Lebih dag dig dug lagi, kerusakan hati, tidak bisa diprediksi walau HATI manusia RUSAK 50%. Nah kita merasakah suaaakiiit padi hati, jika hati kita telah RUSAK 85%. Jadi orang yang hatinya rusak sebesar 50% terlihat sehat seperti manusia normal lainnya.

Jadi ingat pepatah: DALAM LAUTAN DAPAT DIUKUR, DALAM HATI MANA KUTAU (bener g’ pepatahnya??). Nah loh, hai kalian yang masih doyan ngalong (si ANWAR, si ANGGUN, si MBAH).

picture taken from: http://spiritia.or.id/

10 thoughts on “Main Hati (Andra & The Backbone-2008)

  1. Kalo sakit karena diputusin seseorang itu termasuk sakit hati juga gak ?
    btw, bahayanya krna gak ketauan walau udah ngidap ampe 50% ya…

    Nah kalo masalah karena cinta, itu bukan hati, tapi jiwa (not Jie Wa) kita yang sakit. 😀 *sok tau mode: ON*

    Kata teman saya sih gitu Tante. KAlo punya temen dokter, tanyakan ajah yang lebih detil OK😉

  2. ternyata, betul kata sayyidina Ali r.a. bahwa ada satu gumpalan daging pada tubuh manusia yang kalau dia rusak maka rusak semua dan kalau ia baik maka baik semua.. ianya bernama hati…

    kata Aa Gym *terlepas dari kontroversi yang ada*: “Jagalah Hati jangan kau kotori, jagalah hati lentera hidup ini”

    Masih kata sayyidina Ali: “Unzhur Ma Qoola Wa Laa Tanzhur Man Qoola”… Maksude: “Lihatlah Apa yang dikatakan dan Jangan lihat siapa yang mengatakan”… Maknane: “Kebenaran, meski datang dari musuhmu, terimalah! Keburukan, meski datang dari karibmu, tolaklah!”

    Dan itu tugas hati yang sangat berat!

    Halah….!!! kok malah ceramah ngene mas Angki… sepurane yooooo>…..!!!😀

    Iki dudu’ ceramah Pak. Ini adalah PENCERAHAN. Matur nuwun Pak Gempur

  3. sangat bermanfaat. saya jadi ngerti kalo hati juga patroli..
    jadi penge tidur… LOH?? sekarang khan pagi ndooop!!!!
    lah saya biasa tidur pagi ee…

    G’ ngurusss. bah kon turu isuk, turu subuh, turu sore. Karepmu

  4. **moco komen kucluk**

    [mutah cecek] arek s2 kok jatuh hati mbek arek sma! kwakaka.. memang hati gak bisa memilih kok ya..

    btw, sing tok bahas kui sumbernya valid gak kik, aku gugling kok gak nemu ya..

    HEH CUK..!! Sak HEBAT-HEBAT’E MBAH GOOGLE, G’ ISO NGALAHNO DOKTER CUK. RODO GAUL SITIK PO’O…!!! OJO OL TOK WAE. JURNALIS PICEK IKI

  5. gambarnya ngeri…, dikasi keterangan dikit jadi deh sebuah karya infografis hehehehe

    salam kenal

    asal tau aja neh Bro, gambar itu udah angki crop bagian bawah san sampingnya. So it’s better lah than before

thank you for comment ;)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s