Perbedaan (Ari Lasso-2001)

Pernah g’ merasakan berada pada lingkungan yang “berbeda?” BENER-BENER BERBEDA???. Lingkungan yang seakan-akan bukan dari tempat kita berasal?? Serasa kita jadi pusat perhatian ketika kita pernah juga jadi pusat perhatian

Angki pernah merasakannya.

Berlokasi di Agojas Jl. Raya Mulyosari menikmati ronde+angsle bersama Rahayu setelah memberikan kartu ucapan ke Fahmi yang berulang tahun seminggu sebelum Hari Kartini.

Pada awal memesan ronde+angsel ituh, Angki g’ merasakan itu. Perasaan “itu” muncul saat Angki duduk dan memperhatikan lingkungan sekitar.

Mata, rambut dan warna kulit Angki sangatlah berbeda bila dibandingkan dengan mereka. Sempat terpikir bahwa Angki adalah teroris yang membawa bahan peledak dibalik sweater yang Angki pake. (Itu mah perut Angki yang tambunnn bukan Bom..!!!):mrgreen:. Dan berencana meledakkan mereka semua menjadi manusia panggang.

Mungkin ini yang dirasakan juga oleh Tika, Jie, Jimmy serta Evelyn ketika mereka bergaul dengan makhluk pribumi seperti Angki dkk.

Angki jadi tahu sekarang. Anggapan masyarakat bahwa mereka semua sombong, pelit, dan selalu kaya. Angki rasa enggak juga. Kenapa?? Karena begini:

  1. Sombong: Kalo mereka sekolah di sekolah “khusus”, bukan mereka tidak mau bergaul atau apa. Tetapi apa yang Angki rasakan waktu makan ronde+angsle mungkin juga mereka rasakan. Perasaan berbeda antara warna kulit, mata serta rambut membuat mereka enggan jadi bahan olok-olokan. Nah coba Angki yang sekolah di sekolah mereka. Panggilan si item, si dekil, ingusan, umbellen, mbelerr dsb. Perasaan kalian ketika diolok-olok terus-menerus tanpa ada kesalahaan gimana?? Sakit kan. Walau olok-olokan itu bagi si pengolok adalah “hanya gurauan” Gurauan Emakmu Kiper.
  2. Pelit: Angki rasa mereka tidak pelit tapi perhitungan (perhitungan yang bernilai positif). Bangsa Cina adalah bangsa yang menerapkan kematangan perencanaan. Kalo soal mereka tidak mau menyumbang, tidak mau sedekah, dsb. Inget donk, mereka berkeyakinan apa? Bisa jadi mereka telah menyumbang di tempat mereka bersembahyang. Kalo kita membeli barang berharap dapat “imbuh”, Angki yakin mereka telah menghitung rinci segala barang dagangannya. Kalo diberikan sebagai imbuh, itu artinya mereka akan mengurangi barang dagangan ke pembeli selanjutnya.
  3. Selalu Kaya: Enggak juga, Angki waktu di Jember dulu pernah punya tetangga orang Cina yang miskin. Berjualan rujak dan es campur. Anaknya cewek satu, manis lagi:mrgreen: Kemana-mana naik sepeda onthel, dia bela-belain tidak kredit motor, walau dia mampu. Karena sejatinya kredit adalah hutang dan harus dibayar. Dan sejatinya juga, kredit itu tanda tak mampu (CMIIW). Makanya jangan tergiur tawaran kartu kredit😛

Jadi bagi temen-temen yang menganggap orang Cina/Tionghoa di Indonesia sombong, pelit dan selalu kaya. I don’t think So. Please think for their side.

Buka Mata
Ini Nyata
Hanya RAIMU
:mrgreen:

9 thoughts on “Perbedaan (Ari Lasso-2001)

  1. Maap buk kalau kurang tanda baca dan salah pengetikan, Hihihihi, habisnya ngetik sambil liat super soulmate

    Hohohoho Terima Kasih eVelyn. G’ peduli kamu marah, atau berapi-api mode:ON. Angki cuma memberitahukan bahwa jadi bahan olok-olokan sangat menyakitkan.

    Angki sendiri waktu masih anak-anak (SD), sering banget berkata “Wong Cino” pada etnis seperti eVelyn. Karena saat itu memang lingkungan Angki lingkungan seragam (Jawa+Madura), sehingga untuk “membedakan”, Angki memanggilnya dengan Cina. Dengan ini Angki minta maap ya eV.😉

  2. orang Cina

    Aku nggak suka kata-kata itu.
    Karena pendoktrinan kata2 itu selama jaman Soeharto di puncak tahta, jadinya orang2 kayak aku diperlakukan seperti ini.
    berbeda orientasi dan budaya meski lahir dan mati di Indonesia itu wajar, aku rasa warna kulit berbeda itu bukan masalah besar. Tapi menjadi masalah besar jika itu menjadikan orang kayak aku begitu di “aneh”kan saat berada di tempat yang kata orang tidak pantas untuk tidak didatangi atau apapun alasannya. Tau nggak sie sebenernya aku nggak beda-bedain, soalnya aku sendiri kalau dibeda-bedain itu males aja!
    makanya nggak usah sebut Orang cina, mau kalau dibilang Oh Papua, Oh Batak, Oh bla..bla..bla…
    Males yo!

    * berapi-api mode on *

    Different makes our live better!

  3. kalau dunia ga ada perbedaan ga rame dik, monoton rasane. jadi……dibawa asyik aja, jangan dipikirin, kita kan sodara. KITA?

    Ya iya lah Tante eh Kak Wafie, Kalo semua makhluk di bumi adalah lelaki..??? Hiyyyyyyyyyyyy 😈
    Halow Bwos??
    Es Teh a Wi’??

    KITA kan belum pernah KopDar, so kau dan aku belum ada ikatan batin *halahhh*

  4. buat aku nggak ada masalah bergaul sama sapa aja ki. lha wong aku dewe yo nggak jelas. kapan itu pernah dipanggil mas, pernah dipanggil ko, dan yg paling seru pernah dipanggil oyik!😀

    oh jangan sampek ada yg manggil aku mbak😛

    Kalo kamu dipanggil mbak. Hanya Anton dan Khuclukzlah yang memanggilmu demikian 😆

  5. Sempat terpikir bahwa Angki adalah teroris yang membawa bahan peledak dibalik sweater yang Angki pake. (Itu mah perut Angki yang tambunnn bukan Bom..!!!)
    wakakakak😆 wah bukan saya lho😛
    selama ini saya asyik2 aja, jalan2 bareng… enak banget koq..

    Iya daeng udah tau… Bukan jalan-jalan, tapi duduk dan memperhatikan dan diperhatikan.Gitooo

  6. aku malah tidak pernah terpikir begini. kalao aku suka sama orang ya suka aja. kalao ngga suka ya ngga suka aja. sama sekali bukan karena kulit atau rambutnya…

    Mmmm kamu bener sih, tapi pada malam ituh, Angki (sekali lagi hanya Angki) dan Rahayu yang mbelok. Lainnya nggak, so I’m so different. Anyway liat komennya Jie, Angki jadi tahu,kalo mereka ternyata tidak seperti anggapan orang lain. Kita brother kok. Ya Kan Jie??

  7. Walah, soal ini… kalo gw sih asik2 aja.. Toh kita semua basodara, dari adam dan hawa😀

    Btw, link di namaku ada yg salah tuh..😛

    OK bro, that’s what blog are for😉

    Maap-maap kalo salah keitk

thank you for comment ;)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s